Jumat, 17 Desember 2010

Mantel penyirna benda 'harry potter' ? -_-'

          Manusia bisa melihat benda karena benda itu menghalangi lewatnya gelombang cahaya. kalo' pada benda tersebut diliputi satu lapis saja lapisan materi spesial yang mengandung Refractive index negative, secara teoritis bisa membuat cahaya tanpa hambatan meneruskan maju ke depan, dengan kata lain benda tersebut secara visual sudah lenyap.

          walaupun teknologi iptek saat ini belum bisa membuat orang menghilang, tapi sangat mungkin merencanakan sebuah mantel penyirna tubuh. misalnya saja tahun lalu, Universitas Duke, AS, menyatakan bisa membuat metamaterials yang bisa membelokkan cahaya. bahan penyirna semacam ini di buat dari sejumlah besar bahan sintesis yang menyerupai fiber glass dan di bentuk dengan sistem susunan mendatar, bisa membalikka gelombang elektromagnetik, yaitu dengan mengubah sorotan cahaya untuk menyembunyikan benda.


        Akhir-akhir ini para peneliti sukses memperluas area wilayah yang bisa mengahadang gelombang cahaya, meningkatkan dengan tajam kemampuan menutupi benda.

        Metamaterials selain bisa dibuatkan mantel penyirna tubuh, juga bisa dipergunakan di optical fiber communication, dibuat speed fiber optic diperkirakan bisa meningkatkan minimal 10 kali lipat kecepatan on line saat ini.       

        jadi, bukan ngga mungkin kalo' mantel penyirna benda kayak punya harry potter bisa ada di dunia nyata. teknologi dari tehun ke tahun semakin meningkat. dan para ilmuan juga lebih banyak menemukan inovasi-inovasi baru.

0 komentar:

Posting Komentar